Gempa M=3,9 Goyang Mataram

MATARAM -Meskipun gempa tektonik yang terjadi Rabu 9 Oktober 2019 pukul 06:04:32 WITA tadi pagi di hanya berkekuatan M=3,9, namun cukup mengejutkan. Warga di Kelurahan Dasan Agung yang merasakan dua kali getarannya. pada umumnya langsung lari ke jalanan di depan rumah.

Perangkat otomatis Alarm yang dimiliki warga langsung berbunyi dua kali. Dampak dari gempa tersebut terjadi getaran seperti adanya kendaraan truck fuso yang melintas di dalam kampung. Namun belum ada laporan terjadinya kerusakan rumah.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi menyebutkan gempa dirasakan di wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara dan Lombok Tengah. ”Tepatnya berlokasi di laut,” katanya. Episenter terletak pada koordinat 8,38 LS dan 116,06 BT. atau lokasinya, pada jarak 11 km barat daya Lombok Utara pada kedalaman 17 kilometer.

Dijelaskan bahwa memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas back arc thrust.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang getarannya dirasakan nyata dalam rumah. ”Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” ujarnya. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.(*/1)

 

Close Menu