ITDC Menjawab Kehadiran Sirkuit Mandalika

MATARAM – Presiden Joko Widodo menyampaikan komitmen untuk mendukung persiapan infrastruktur penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2021 di The Mandalika, Lombok, NTB. Penyelenggaraan MotoGP sebagai ajang balap paling populer sedunia ini adalah milik Indonesia, bukan hanya Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC-PT Pengembangan Pariwisata Indonesia).

Penegasan tersebut disampaikan oleh VP Corporate Secretary ITDC Miranti N. Rendranti kepada Tempo, Senin 4 Nopember 2019 malam. Menurutnya, 11 Maret 2019 telah dilakukan pertemuan di Istana Bogor antara Presiden Joko Widodo dengan Manajemen DORNA dan Direksi ITDC sebagai pemegang Kontrak Penyelenggaraan MotoGP Indonesia. ”Presiden komit mendukung,” katanya.

Miranti N Redranti mengemukakannya setelah adanya pernyataan Menteri Pemuda dan Olahrga Zainuddin Amali sewaktu bertemu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya. Waktu itu, Ahad 3 Nopember 2019, Zainudin Amali dikutip mengatakan Mandalika mengaku-aku sirkuit jalan raya MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika yang akan mulai diselenggarakan 2021.

Seperti dikutip media, Zainudin Amali saat kunjungan di Surabaya¬†menyatakan, hingga saat ini belum ada kejelasan apakah MotoGP 2021 memang akan digelar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok. “Sampai sekarang belum jelas. Mandalika selama ini ngaku-ngaku saja, itu,” ujarnya.

Jikalau Mandalika belum siap, dan Jawa Timur sudah lebih siap, kejuaraan dunia balap motor itu bisa saja pindah ke Jawa Timur. Namun, Zainudin Amali justru mengaku mendengar rencana pindah lokasi MotoGP 2021 ini dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Miranti N Redranti menyebutkan saat ini pembangunan Sirkuit Mandalika masih terus dilakukan dan saat ini progress ground working badan jalan sudah sekitar 30 persen. Pengaspalan badan jalan akan dimulai pada Januari 2020. CEO DORNA Carmelo Ezpeleta dan Sporting Director DORNA Carlos Ezpeleta tanggal 28 Nov 2019 lalu juga telah meninjau secara langsung ke lokasi dan menyatakan sangat optimis dengan pembangunan Sirkuit Mandalika.

ITDC sebagai BUMN Pariwisata berkomitmen untuk terus membangun dan mengembangkan sport & entertainment (sportainment) tourism di KEK The Mandalika, yang merupakan salah satu destinasi pariwisata super prioritas.(*/1)

 

Close Menu