Lion Air Akan Buka Rute Lombok – Jedah

MATARAM – Lion Air menyiapkan rute baru terbang langsung Lombok – Jedah mulai 4 Desember 2019 mendatang. Penerbangan ini untuk mengakomodir kebutuhan perjalanan ibadah Umroh yang dilakukan warga Nusa Tenggara Barat (NTB). Selama ini, setiap tahunnya ada 6.000 orang warga NTB yang melakukan perjalanan melalui Jakarta.

Menggunakan pesawat Airbus 330 Seri 300 Neo yang memiliki kapasitas muat 400 orang penumpang tersebut, diharapkan bisa dimanfaatkan sekitar 20 perusahaan perjalanan Umroh yang ada di NTB. ”Untuk jadwal pertama ini merupakan carter flight yang disiapkan sebulan sekali,” kata Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu Baayu Windya kepada Tempo, Sabtu 19 Oktober 2019 siang.

Sebelumnya telah dilakukan rapat persiapan di Gedung Graha Bakti Praja, Kantor Gubernur NTB, Sabtu 19 Oktober 2019 siang. Dalam rapat tersebut, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan harapannya hadirnya penerbangan langsung dari Lombok ke Jeddah akan memancing animo masyarakat. ”Untuk mengunjungi tanah suci,” ujar Zulkieflimansyah

Penerbangan Lombok-Jeddah ini nantinya tidak hanya memancing animo masyarakat ke tanah suci. Di sisi lain, Bang Zul yakin  penerbangan tersebut bisa mengundang banyak tamu dari Jeddah untuk datang ke Lombok. Dengan adanya direct flight, mudah-mudahan tahap berikutnya akan banyak teman-teman dari Timur Tengah untuk berkunjung ke NTB yang kita cintai ini. Insya Allah,” ucapnya.

Area Manajer Lion Group Denpasar Fajar Teguh Santoso menyebutkan keseriusannya dalam membuka rute penerbangan Lombok-Jeddah tersebut. Menurutnya, dengan dibukanya rute Lombok-Jeddah, selain mempermudah jemaah NTB untuk umrah, penerbangan tersebut akan membantu sektor pariwisata NTB untuk bangkit kembali.

Manager Indona Travel Nasruddin Alsan menyambut gembira adanya penerbangan langsung tersebut: ”Oh bagus sekali adanya pesawat langsung akan memudahkan masyarakat NTB,” ucapnya.

Sejak 2012, Lombok International Airport (LIA) ditetapkan sebagai bandara embarkasi dan debarkasi haji. Sebelumnya, para calon jemaah haji asal NTB diberangkatkan melalui Bandara Juanda Surabaya. Saat ini, landas pacu LIA memiliki panjang 2.750 meter dan mulai tahun 2020 diperpanjang 550 meter sehingga mampu didarat pesawat berbadan lebar.(*/1)

Close Menu