Selancar di Pantai Lakey Dompu

DOMPU – Peselancar dunia sudah tidak asing lagi bermain di Lakey Dompu. Gulungan ombaknya bervariasi. Ada beberapa titik selancara di sana. Ada Lakey Peak yang kebanyakan peselancar asing menyebutnya sebagai power of Sumbawa. Letaknya di tengah-tengah dari pantai yang berada di Desa Huu – sekitar 40 kilometer arah selatan dari kota Dompu.

Para peselancar menyukainya karena memiliki kembar gelombang ke kiri dan ke kanan. ”Di sini sering kali dijadikan arena kejuaraan, ” kata warga Dompu Muhidin menjelaskan keunggulan Lakey Peak tersebut.

Jika bosan bermain di titik Lakey Peak tersebut, di dekatnya  ada titik Coble Stone yang pantainya tidak berpasir namun berbatuan. Kemudian ada titik Nangas dari bahasa Mbojo (Bima) yang berarti muara sungai karena lokasinya berada di sekitar muara. disebut oleh orang asing sebagai Nunges. Bentuknya seperti kolam dan pasir putih.

Lantas ada titik Periscope yang tinggi gelombangnya hingga tiga meter. Peselancar pemula tidak berani masuk ke sini. ”Mereka mengatakan jangan mengajak saya mati. No you wanna kill me,” ujar mereka seperti dikutip Muhidin.

Juga ada Lakey Pipe yang memiliki gelombang unik seperti pipa. sambung menyambung gelombangnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu Khairul Insyan menjelaskan bahwa rata-rata Lakey sebulan didatangi 400 orang wisatawan peselancar.¬† ”Peselancar sudah menjadikan Lakey sebagai salah satu terbaik di dunia,” ucapnya.

Pemilik Hotel Aman Gati di Lakey, Gde Sudantha menyebutkan kawasan Lakey dan sekitarnya memiliki pemandangan yang memuaskan. Apalagi di selatan Lakey ada kolam air panas. ”Pemandangannya indah, ” katanya. Kolam air panas yang terletak di laut tersebut layak dijadikan lokasi geothermal.(*/1)

 

Close Menu